Minggu, 13 Februari 2011

Selamat Menempuh Semester Baru

Gak kerasa nih, liburan semester yang panjang sudah berakhir. Kini waktunya kembali menjalani aktivitas-aktivitas di kampus yang menyenangkan. Tentunya kita semua sudah siap dengan serangkaian kegiatan yang akan kita lakukan di semester baru, yang pastinya lebih penuh tantangan dan banyak pelajaran baru yang akan kita dapat di semester ini.

Jika kita flash back mengenang semester lalu, setiap memasuki awal semester, teman-teman semua pasti mempunyai target-target yang ingin dicapai. Dan tentang pencapaian target di semester lalu, baik yang tercapai ataupun yang belum. Yang terpenting adalah kita sudah berusaha melaluinya dengan doa dan usaha yang maksimal. Tenang aja, Allah lihat prosesnya kok. So, apapun hasilnya, mari kita sama-sama syukuri dan berusaha lebih baik lagi di semester berikutnya…

Jika kita merasa belum puas dengan hasil di semester lalu, jangan bersedih yaa temaan...
La tahzan... :)

“Dan janganlah kamu (merasa) lemah dan jangan pula bersedih hati, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu orang beriman.” (QS. Ali‘Imran : 13)

Tetap percaya, bahwa apa yang telah kita lalui ialah hasil dari perjalanan pejuangan kita yang tentunya diridhoi Allah, jika belum memuaskan, ayoo, kita bangkit, sama-sama belajar dan berusaha lebih baik lagi. Yakin, bahwa Allah pasti menuntun langkah kita dalam melakukan sesuatu yang baik di jalan-Nya.

“Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain). Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.” (QS. Al-Insyiraah : 6-8).

Berikut ini, tips-tips untuk menyambut semester baru :
1. Segala sesuatu harus dimulakan dengan membaca Basmalah, sehingga dapat diawali dengan baik, juga diakhiri dengan baik pula nantinya. Amiiin.
2. Niatkan segala sesuatunya hanya untuk Allah. Menuntut ilmu demi mencari Ridho Allah.
3. Meminta doa restu orangtua bukan diharuskan hanya saat menikah saja. Setiap langkah baru yang akan kita jalani, alangkah lebih baiknya jika kita memohon doa dari orangtua, untuk kelancaran serangkaian kegiatan belajar dan aktivitas kita di kampus. Karena doa orangtua ialah salah satu kunci sukses bagi anak.
4. Jika kita merasa sulit menerima pelajaran, minta ajarkan pada teman kita yang pandai. Belajar bersama, sharing tentang cara belajar yang efektif, dan cobalah contoh cara belajar mereka. Meski setiap orang memiliki cara belajar masing-masing, namun, setidaknya sharing mengenai cara belajar memberikan masukan untuk kita bagaimana cara belajar yang ideal. Karena siapa tau ada yang salah dengan cara belajar kita sebelumnya.
5. Jika bukan karena sakit dan izin keperluan yang sangat mendesak, jangan menggunakan jatah absen karena alasan malas. Usahakan jangan sering terlambat masuk kelas. Alangkah lebih baik jika kita mencari bangku di jajaran depan agar lebih mudah menangkap apa yang dosen sampaikan dan agar konsentrasimu tak pecah karena kegaduhan dan ajakan menggiurkan dari teman untuk menggosip. Dengan demikian suasana belajar akan lebih kondusif.
6. Simak dan pahami setiap dosen menjelaskan, catat hal-hal yang dirasa penting untuk dicatat. Jangan malas mencatat. Terutama jika penjelasannya tidak ada di slide. Karena bisa saja apa yang beliau utarakan (meski tidak ada di slide) ialah soal yang akan keluar saat ujian nanti. Jika tidak pun, ilmu kita bertambah dan tidak mudah lupa.
7. Jika diberi tugas, baik berupa makalah, laporan praktikum, ataupun yang lainnya, usahakan jangan hanya copy-paste. Karena tujuan adanya tugas-tugas itu agar kita mengerti aplikasi materi yang diberikan dosen. So, kerjakanlah dengan penuh keikhlasan dan kejujuran. Insya Allah, waktu kita untuk mengerjakan tugas-tugas itu tak akan sia-sia.
8. Terapkan manajemen waktu yang baik. Buat prioritas-prioritas kegiatan yang harus diutamakan. Agar dapat membagi waktu dengan baik antara kegiatan kuliah dan kegiatan organisasi, karena waktu yang kita miliki adalah amanah.
9. Jangan lupa juga untuk tetap jaga kondisi tubuh. Jangan sampai kita gagal mencapai target gara-gara sakit. So, jaga kesehatan dengan rajin berolahraga, makan makanan yang sehat, seimbang, dan bergizi, serta tidur yang cukup untuk menjaga stamina.
10. Dan yang paling penting adalah, mendekatkan diri pada Allah. Karena jika kita sudah berusaha, namun Allah berkehendak lain, kita harus tetap menerima kehendakNya. Meyakini bahwa semua itu adalah keputusan terbaik dari Allah, dan tak ada hal yang tanpa hikmah, Ia pasti memberikan yang terbaik untuk hamba-hambaNya. Maka dari itu, rajin-rajinlah berdoa agar Allah memberikan kelancaran dan kemudahan kita dalam menyerap ilmu.

Nah, jika kita sudah berdoa dan ikhtiar secara maksimal, tugas kita adalah menyerahkan sepenuhnya semua urusan kepada Allah SWT, dengan bersabar dan tawakal. :)

So, Selamat menempuh semester baru yaa...

Ganbatte...!!!

Sumber Gambar : sonicband.com

1 komentar:

Ada tanggapan???