Jumat, 20 Juli 2012

CANTIK ITU... SEHAT

Kali ini, saya ingin sharing tentang beberapa hal, yang berkaitan dengan keribetan ibu-ibu zaman sekarang. Hehe… sebenernya ini bukan sebuah keribetan. Wajar kalau banyak wanita dewasa yang udah berkenalan dengan apa yang namanya Make up. Jangankan yang dewasa, sekarang udah banyak remaja bahkan anak-anak yang udah diperkenalkan dengan Make Up. Tentu aja ‘diperkenalkan’ di sini bukan hanya kenalan aja, tapi juga ‘menggunakan’.
sumber gambar : imagine.com
Make up memang sudah terkenal dari zaman dahulu kala. Bukan hanya wanita, tapi pria pun banyak juga yang memakai make up, pemerah bibir atau lipstick terkadang jadi mengalami perluasan konsumen karena berfungsi juga untuk para pria (liat aja klo di sinetron-sinetron ato drama2 korea) artis cowoknya kadang lebih cantik daripada yang cewe. Jadi memang menor itu sekarang bukan milik wanita lagi, tapi pria juga bisa terlihat menor. -____-

Mengenai make up, sekedar sharing pengalaman pribadi. Dari SMP saya jerawatan parah, sampai temen-temen sekelas memanggil saya dengan sebutan ‘Jelita’. Hoho… tenaaang, saya bukannya mau narsis, tapi karena itulah fakta yang ada. Saya disebut Jelita karena dulu saya memiliki banyak jerawat di wajah dan Jelita adalah singkatan dari Jerawat Lima Juta. Singkatan itu dibuat oleh teman sekelas saya dan dia laki-laki. Sebagai gadis ABG labil, meskipun di depan, saya juga biasanya ketawa kalau diledek begitu, tapi di belakang, sebenarnya saya menangis darahh. *____*lebay

Segalamacam cara saya lakukan sampe pake obat jerawat punya kakak yang kalau dipake itu rasanya kayak luka yang masih basah ditaburi serbuk lada hitam. Periiih sangat. Tapi itu jerawat masih betah bersarang di wajah, akhirnya waktu SMP saya nyoba-nyoba foundation punya mama, agar jerawat-jerawat itu tersamarkan. Tapi saya jadi merasa menipu diri sendiri karena sebenarnya foundation itu hanya untuk menyamarkan noda-noda jerawat, bukan menghilangkan. Dan sebenarnya, kalau gak perlu-perlu amat kita gak boleh lho pake foundation karena bisa menyumbat pori-pori dan bisa bikin pori-pori membesar.

Beranjak SMA, saya beralih menggunakan pond’s dan bedak tetap marcks. Dari dulu saya tetap setia dengan bedak Marcks. Karena komposisinya ringan, dan bedak itu dianjurkan dokter-dokter kulit pada umumnya. Dan memang karena bentuknya tabur, jadi gak kayak pake ‘kedok’. Apalagi buat orang yang kulitnya berminyak, Jika kulit anda berminyak, hindari pemakaian bedak padat, beralihlah pada bedak tabur yang ringan.

Pas SMA jerawat saya udah mulai berkurang (meski masih ada jejak-jejak perkaranya) berupa titik-titik hitam dan bolong-bolong aneh, dan itu masih terasa mengganggu, tapi yaudahlah. Sabar menunggu aja, namanya juga hormon. Kalau udah stabil insya Allah gak akan gitu. Hehe…

Dan benar, menginjak bangku kuliah, jerawat-jerawat dan bekas jerawat saya menghilang bertahap. Tapi kulit  wajah masih sering kusam, apalagi kalau berada lama di bawah sinar matahari yang terik, apalagi saya ini anak jalanan. Pulang Pergi Rumah-Kampus setiap hari yang jaraknya naudzubillah jauhnya. Itu kadang membuat kulit jadi kusam banget. Dan Alhamdulillah, mungkin karena hormon udah stabil, hal itu gak menimbulkan banyak masalah asalkan rajin cuci muka. Jadi masalah utama saat kuliah itu kusam dan berminyak.

Saya waktu itu pakai bedak La’tulip. Kata orang sih itu bedak pengantin, hehe… karena meskipun dipake sedikit, keliatan kayak tebel banget. Tapi itu justru yang saya suka. Cukup pake dikit aja, udah berasa bedaknya. Jadi hemat. Dan memang bedak latulip ini bagus sebenernya (bagi orang-orang tertentu). Bagi orang dengan wajah berminyak (seperti saya), lagi-lagi saya tekankan untuk menghindari jenis bedak padat. Karena cepet luntur dan kalau udah luntur, kulit wajah jadi keliatan aneh banget.

Karena saya sadar wajah saya berminyak dan agak sensitif, akhirnya saya mulai membuka hati untuk facial di salon atau klinik. Awalnya saya gak mau banget melakukan facial, selain katanya prosesnya menyakitkan, juga bisa nyebabin pori-pori tambah besar. Namun ternyata itu hanya mitos belaka… hehe… Setelah dicoba, Alhamdulillah jadi bersih kok. Asal tau tempat-tempat bagus buat facial, gak sembarang milih klinik atau salon, Insya Allah malah membuat kulit jadi bersih dan sehat.

Jujur, saya sempet suka dengan ‘make up’. Tapi sekedar iseng-iseng aja, misalnya pake eye shadow, eye liner, dan blush on, sekedar buat iseng-iseng, hehe, tapi saya paling anti pake lipstik, karena rasanya kayak ada yang mengganjal di bibir. Saya itu dari SD suka menggambar dan bereksperimen, jadi suka penasaran dan mencoba-coba hal yang enggak enggak. Dan sekarang saya sadar ‘Make Up berat’ itu sesuatu yang tidak baik digunakan setiap hari. Mungkin kalau ada acara tertentu, misalnya ke ondangan, it’s ok. Tapi untuk digunakan sehari-hari, misalnya kuliah atau ke pasar. Itu gak sehat banget. Wajah kita perlu perawatan alami. Wajah kita perlu istirahat.

Wajah kita memang jadi bakalan terlihat mulus dan bening jika menggunakan make up. *asal gak terlalu lebay kayak tante girang. Tapi di sisi lain, make up itu sebenernya hanya topeng. Coba aja kalau udah bersihin wajah. Wajah kembali ‘biasa-biasa’ aja. Atau bahkan kalau pake make up merek sembarangan, wajah jadi bintik-bintik item, kusam, dan gak sehat. Dan saya pernah mengalami gejala-gejala tersebut.

Dari situ saya mulai banyak baca artikel-artikel kesehatan kulit, saya mulai insaf dan mulai meninggalkan make up, lalu beralih untuk lebih fokus kepada ‘kesehatan’ dibanding ‘keindahan’. Toh kalau sehat, insya Allah otomatais akan indah juga. Misalnya, kalau kita menggunakan krim pemutih yang mengandung mercury. Wajah kita emang jadi terlihat putih, bersih, cling bgt deh pokoknya. Tapi di balik itu semua, ada bahaya yang mengincar kita. Hehe… So, be careful, ladies… Krim-krim perawatan wajah/pemutih yang beredar di pasaran dan tanpa resep dokter itu sebenernya cocok-cocokan. Gak bisa sembarangan digunain buat semua orang dengan beranekaragam jenis kulit. Makanya meskipun sempet ditawarin krim perawatan wajah tertentu oleh seorang teman, saya tetep menolak dengan hott. Hehe… Cantik itu gak harus putih kok. Cantik itu bersih, sehat, dan bercahaya… ^___^

Dan Alhamdulillah, beberapa bulan kemarin, lumayan banyak yang bilang wajah saya terlihat lebih bersih. Padahal saya udah gak pake make up yang aneh-aneh lagi. Saya hanya melakukan beberapa perawatan alami, misalnya masker putih telur+madu (buat ngangkat komedo) itu pun bikin sendiri,  kadang pake masker pepaya dan jeruk lemon... untuk sabun pencuci muka, saya tinggalkan pond’s dan kawan-kawannya, saya beralih pada sabun baby…. Setiap mau ke luar rumah, gak lagi pake make up yang aneh-aneh, hanya pakai sunscreen wardah dengan SPF 30 yang menjaga kulit kita dari sinar UV yang berbahaya di siang hari dan bedak marcks yang ringan. Meskipun kulit saya gak seputih pas dulu pake make up, tapi untuk cara yang sekarang ini, dari segi kesehatan, jelas jauh lebih sehat. Dari segi harga, juga lebih murah lhoo dibanding menggunakan make up/kosmetik berat.

Gambar bedak marcks

Sunscreen Wardah SPF 30

Tissue bayii...

Hanya aja, emang harus rajin. Sunscreen itu harus diaplikasikan setiap 3 jam sekali. Selama masih berada di luar rumah. Bukannya ribet, tapi ini demi kesehatan juga. Karena sunscreen sekarang itu justru wajib digunakan gak hanya wanita, tapi juga pria, mengingat radiasi UV semakin berbahaya bagi kesehatan. Jadi, saya selalu rajin membawa sunscreen itu ke mana-mana. Simple kok, misalnya setiap habis wudhu, sholat, sebelum beraktivitas lagi, pake dulu deh itu sunscreen. Gak perlu cuci muka dulu, langsung aja pake. Karena sunscreen yang saya gunain itu bentuknya gel, jadi gak akan nyumbat pori-pori ketika langsung digunain tanpa membersihkan wajah pake sabun. Tapi alangkah lebih baik kalau bawa tissue basah non-alkohol (tissue basah bayi) buat ngebersihin wajah dari debu-debu. Baru aplikasikan sunscreen. Nah, sebagai penutup, pake lagi deh bedak taburnya. Karena sunscreen gel itu sifatnya mudah hilang, apalagi kalau kena keringat, jadi harus diikat dengan bedak tabur supaya sunscreennya lebih tahan lama.

Ribet???

Gak kok, ini saya lakukan demi kesehatan dan kenyamanan dalam beraktivitas. J



13 komentar:

  1. Bersyukur dilahirkan jadi laki2 yang ga usah merasa diharuskan menggunakan hal tersebut sekaligus salut pada wanita yang mau "agak" repot menggunakan hal2 tersebut agar pandangan pasangannya senantiasa tercerahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... untuk kesehatan, mas... yang lebih utama. ^__^

      terima kasiih sudah berkunjung. :)

      Hapus
  2. saya juga pake sunscreen dan bedak marcks nya, memang hasilnya bagus banget

    BalasHapus
  3. Wardah dan latulip bagusan mana?

    BalasHapus
  4. Wardah sama latulip bgusan mana untuk kulit berminyak dan mudah berkeringat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kulit berminyak sebaiknya menggunakan sunscreen yang gel, seperti sunscreen wardah ini. agar tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Setelah itu pakai bedaknya yang tabur, karena klo bedak padat kan banyak bahan kimianya.

      Untuk bagusan mananya... tergantung cocok2an mba... kebetulan sy juga pengguna latulip sebelum beralih ke wardah. La tulip untuk digunakan ke pesta2 atau acara2 resmi seperti make up perpisahan, wisuda... itu bagus, awet, dan tahan lama. Tapi untuk sehari-hari, menurut saya produk latulip (bedak padatnya) terlalu berat. apalagi klo kulit berminyak. luntur jadi aneh nantinya... *pengalaman.

      Makanya saya beralih ke wardah... klo pake wardah itu jadi baguss... meskipun berminyak, malahan wajah berminyak kita bisa jadi keliatan sebagai nilai plus... jadi kinclong2... soalnya bedak wardah itu lebih ringan dan merata.

      Hapus
  5. hi mbk .. aku juga make la tulipe sekarang ,, sebulan yg lalu aku pakek bedak padatnya ,, setelah bbrapa jam eehh wajah jdi berminyak n berantakan gitu ...
    skarang msih ku pake tu latulipe , tp ku ganti bedaknya pake bedak baby ,, hasilnya bagus , ringan , n jadi ga berminyak sama sekali ..

    BalasHapus
  6. hii aku juga pngguna la tulipe .. hasilnya bgus , pori2 jadi mengecil ..
    aku pke moist gel sama sunscreennya ..
    dulu aku pke bedak padatnya , awalnya bagus melekat gtu , tp setelah bbrp jam muka jdi brminyak bngt n berantakan gtu muka .. trs skarang aku gnti bedaknya pke bedak baby , wajah jdi lebih alami n ga berminyak seharian

    BalasHapus
  7. Haii aku priska.. aku kan pemula nihh... kulit wajahku berminyak, kusam dan ada bekas jerawatnya.. ini terjadi karna sehari" aku hnya pakai bedak maybeline tnpa plembab apapun dan jg sabun muka pepaya.. udah lma gg pkai krim krna skrg klo pakai crim pemutih gitu mlah bkin muncul jerawat 1 per 1 bertahap hilang 1 tumbuh 1 .. hiks ...

    aku kan pengen nyoba produk wardahh.. Menurutt kalian aku pake yg mananya ya yg ccok buat kulit aku ???? Dan bisa ngilangin noda hitamnya ???

    BalasHapus
  8. Emang la tulip jelek yaa buat orang yg mukanya berminyak ??? :-/

    BalasHapus
  9. awalnya mau cari informasi ttg la tulipe, eh malah kecantol baca curhatannya mba dan kok bisa cerita dari awal hingga akhir sama ya mbaa, hehe tapi saya belum pakai sunscreen.. nanti saya coba :D makasih yaa mbak..

    BalasHapus

Ada tanggapan???