Kamis, 10 Februari 2011

Evaluasi Tempat Wisata : Curug Nangka

Menikmati sejuknya alam pegunungan dengan udaranya yang bersih, tentunya sangat menyenangkan. Berbagai keunikan yang tersimpan di alam pegunungan, memberikan sensasi wisata yang murah dan menyenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Air tejun adalah salah satu keunikan yang sangat menarik yang dimiliki alam pegunungan.

Air terjun terbentuk dari arus air yang mengair melalui suatu formasi bebatuan dan jatuh ke bawah dari ketinggian, fondasinya yang menarik dapat menjadikan air terjun sebagai salah satu fenomena alam yang memikat bagi siapapun yang melihatnya. Sehingga, banyak masyarakat yang memanfaatkannya sebagai salah satu objek wisata alam yang perlu dikembangkan untuk mendapatkan berbagai keuntungan, baik berupa materi maupun non-materi, serta baik bagi kelestarian alam itu sendiri, karena dikelola dengan baik pula oleh pengelola dan masyarakat.

Air terjun nangka atau dalam bahasa Sunda disebut Curug Nangka adalah salah satu curug yang terletak di kaki Gunung Salak. Curug ini merupakan kawasan ekowisata yang memiliki keindahan alam yang potensial. Kawasan Ekowisata Curug Nangka merupakan kawasan wisata air terjun yang termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Kawasan wisata di Ciampea, Bogor ini menyimpan banyak pesona. Air jernih, udara segar, dan suasananya yang tenang membuat pengunjung betah berlama-lama untuk menikmati keindahannya. Kesejukan udara dan keindahan lingkungan membuat banyak pengunjung senang bersantai di tempat duduk yang tersedia di bawah pepohonan bersama keluarga, kerabat, dan sanak saudara.

Kelestarian Flora dan Fauna di Curug Nangka pun menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini. Banyak pengunjung lokal maupun dari luar daerah yang berkunjung ke Curug Nangka untuk melihat fenomena alam yang indah berupa air terjun serta menikmati udara sejuk serta pemandangan indah di kawasan wisata ini.

Akan tetapi kawasan ekowisata Curug Nangka ini belum terlalu banyak dikunjungi. Aktivitas yang dilakukan warga sekitar Curug Nangka terkadang tidak memperhatikan kebersihan lingkungan dan kelestarian alam. Permasalahan masyarakat sekitar Curug Nangka yang masih memiliki kebiasaan menggunakan sungai di sekitar wilayah desa Sukajadi sebagai MCK. Hal tersebut bisa merusak pemandangan dan juga kualitas air. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat pengelolaan untuk mengatasi hal ini agar keindahan dan keasrian ekologi wilayah Curug Nangka dan wilayah sekitar curug nangka dapat terjaga.

Curug Nangka adalah salah satu tempat wisata yang sangat berpotensi di Kabupaten Bogor, namun, dalam hal fasilitas dan kebersihan masih dalam tahap yang harus lebih diperhatikan oleh pengelola maupun masyarakat sekitar. Rasa tanggungjawab terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal dan kenyamanan pengunjung menjadi faktor pendukung agar pengelola dan masyarakat dapat bekerjasama meningkatkan kualitas tempat wisata tersebut, baik dari segi fasilitas, maupun kebersihan dari fasilitas itu sendiri.

Peran masyarakat sekitar Curug Nangka yang saat ini dirasakan kurang, menjadikan sumberdaya masyarakat di sekitar Curug Nangka kurang optimal digunakan. Banyak masyarakat desa yang tinggal di sekitar Curug Nangka kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan Curug Nangka, karena anggapan bahwa saat ini Curug Nangka telah dikelola oleh Taman Nasional, setelah sebelumnya dikelola oleh masyarakat. Sehingga, masyarakat sekitar yang sebelumnya mengelola, seolah lepas tangan terhadap tanggungjawab kelestarian lingkungan sekitar Curug. Kurangnya pengetahuan warga desa tentang keadaan sekitar curug dan tentang kondisi tempat wisata tersebut menjadikan warga bersikap acuh terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas kebersihan tempat wisata Curug Nangka yang berada dekat dengan lingkungan tempat tinggal warga.

Oleh karena itu diharapkan peningkatan partisipasi masyarakat dan perannya bersama pengelola untuk menciptakan kelestarian lingkungan dan menjaga habitat-habitat Flora dan Fauna yang berada di Curug Nangka. Agar kondisi lingkungan Curug Nangka dan sekitarnya dapat lebih baik dari sebelumnya.

Sumber Gambar : http://www.flickr.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada tanggapan???