Minggu, 02 Oktober 2011

SURVIVAL DAYS

Saat menulis ini, udah nyaris malam hari, sebenernya waktunya tidur, tapi gw baru selesai mandi, selalu di saat-saat jam segini, agendanya ialah ‘baru selesai mandi’ dan memulai membuka lapi. Kegiatan rutin yang gak bisa dihindari, meski kadang gw benci, tapi mulai saat ini, gw ingin memasrahkan segalanya pada Tuhan YME hingga gw bisa pegang kendali atas beranekaragam emosi.

Seharusnya (lagi-lagi), seharusnya, saat ini gw membuka lapi dan mengerjakan sebuntel tugas yang listnya udah nangkring indah di catetan gw. Tapi, saat ini, gw sedang ingin mengungkapkan beberapa patah paragraf, setidaknya untuk terus memotivasi diri.

T'kadang klo sdh sampai pd kadar kepasrahan yg paling tinggi. Yg kita fikirkan adalah 'bagaimana cara kita bertahan melalui hari2 yg akan kita lalui, mengikuti semua aturan, mengikuti apa yg dunia mau'. Dan qta tidak lagi peduli pada kelelahan fisik dan mental.

Kalimat tersebut gw jadikan status hari ini. Mungkin banyak yang mengerti, namun, banyak juga yang tidak mengerti.

Entah kenapa, akhir-akhir ini gw sering diserang boring tingkat tinggi, kejenuhan akan rutinitas yang semakin aneh. Maksudnya, gw sering ngerasa lelah luar biasa lahir batin jiwa dan raga. Gimana enggak, setiap hari gw mengalami kemacetan lalu lintas yang bener2 nguji kesabaran. Letak rumah gw dan kampus itu jauh… Setiap hari kurang lebih 4 jam gw nangkring di jalan. Setiap hari gw melalui 3 trayek titik macet Sukasari-Gn.Batu-Dramaga, kadang dalam waktu-waktu senggaaang itu gw ketiduran di angkot, diliatin sama penumpang lain dan mereka menatap dengan tatapan curiga, kesannya gw abis nemenin Rhoma Irama Begadang.

Kalau nggak ketiduran, gw lebih suka baca buku, dan dengerin musik, atau kalau angkotnya kayak lagi balapan, gw suka dzikir sepanjang jalan kenangan. Itu dia yang bikin gw cape hati. Angkot di Bogroo itu ugal2an luar biasa. Dan sebelum ugal2an, mereka mengadakan ritual rutin, yang disebut ngetem. Kalau penumpang udah penuh, mereka ngebutt banget, supaya penumpang cepet sampe, angkot kosong lagi, dan mereka pun beritual ngetem lagi… Kadang, kalau ditanya “Langsung ya?” dan sang driver bilang “Iya” gw mau aja naik, eeehhh… taunya ngetemnya lamaa juga. Seolah janji manis itu tak pernah ada, seolah dia hanya membujuk dan merayuu agar gw naek. Setelah dapet, gw disekap…

Tapi berhubung gw itu kadang klo udah kesel suka agak keras, pernah suatu ketika gw turun dari angkot yang ngetemnya kayak lg nunggu antrian sembako. Lama luar binasa, dan pada akhirnya gw turun dengan tatapan sinisss melototin supirnya. Gw berjalan cukup jauh untuk mendapatkan angkot yang pastinya dalam posisi ‘siap jalan’ istilahnya ‘nyodok’. Tanpa gw tau apanya yang disodok. *manusia memang suka menciptakan keanekaragaman bahasa yang aneh2.

Lanjut lagi kepada gw yang saat itu udah kesel banget dan turun angkot yang ngetem lama, nahh, pas udah berjalan cukup jauh, gw nunggu angkot lewat… beberapa menit kemudian, Alhamdulillah… ada juga angkot siap jalan. Dan gw naik angkot itu dengan hati riang. Dann Jrenggg… “Neng, ngapain tadi jalan kalau naik lagi?” Si supir cengengesan pengen gw takol. Dan gw hanya mampu tertawa tanpa nyawa, karena gw naek lagi angkot yang gw tinggalkan. Intinya, yahh… memang kalo jodoh itu ngak lari ke mana, (tapi bukan artinya gw berjodoh dengan angkot juga). Intinya, menguji kesabaran bgt lah ituu peristiwa!

Dengan peristiwa2 penguji kesabaran itu gw jadi sadar bahwa yang bisa gw lakukan saat ini adalah pasrah berserah… dan kalau udah pasrah gini, rasanya yang pengen gw lakuin itu adalah melaksanakan segala aturan, mengikuti apa yang dunia mau, dan benar2 tdk peduli lagi dengan kelelahan fisik dan mental.

Survival days…

Mungkin bukan berlebihan jika gw katakan seperti itu. Tapi saat ini, memang itu yang gw rasakan. Setiap hari. Setiap perjalanan, setiap asap rokok, debu-debu, dan gas beracun kendaraan yang berkeliaran, suara bising, macett, bentak-bentakan antar pengemudi, menyaksikan tabrakan, hujan, badai, cuaca ekstrim, kepanasan kehujanan, dan lain sebagainya. Tapi percayaa, jika segalanya dijalani dengan tawakal, berserah diri pada Allah, semua itu bisa kita lalui dengan senyuman. J saat ini, mungkin gw sudah sampai pada titik kepasrahan yang memuncak, sehingga kelelahan fisik dan mental sudah tidak gw pedulikan lagi, karena secapee apaapun jiwa dan ragamuu, hidup harus terus berjalan, dan tugas-tugas harus tetap dikumpulkan….

J

Buang pemakluman, sembunyikan rintihan, lempar keluhan, dan ganti dengan senyuman ketegaran.

Okee Brooo!

Semangkaa Yoo… (Semangat Karena Allah) :)

1 komentar:

Ada tanggapan???