Kamis, 13 Agustus 2009

Bukti Cinta yang Tak Tersampaikan

Ekologi ialah suatu cabang ilmu yang membahas tentang hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, atau dapat pula diartikan sebagai ilmu yang mempelajari rumah tangga atau lingkungan makhluk hidup. Dari hal itu selanjutnya berkembang berbagai disiplin ilmu yang mempelajari dinamika dan karakter kehidupan berbagai rumah tangga , populasi, komunitas hingga ekosistem alam termasuk ekosistem buatan manusia.

Begitu banyak permasalahan ekologi di negara ini. Permasalahan ekologi ialah permasalahan lingkungan yang sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Contohnya saja banjir, banjir yang sering terjadi di beberapa kota besar di Indonesia menjadi bukti bahwa permasalahan ekologi yang terjadi di negara kita cukup serius. Banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan fenomena alam yang merupakan dampak dari tindakan dan kecerobohan manusia bisa merusak pola ekologi yang natural tercipta antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Banjir tidak akan terjadi begitu parah jika masyarakat sekitar peduli terhadap lingkungan sekitar, kegiatan penanaman pohon hijau di tengah kota dan kalimat ‘buanglah sampah pada tempatnya’ yang meski sering dianggap sangat sepele dan sering dilanggar, hal itu bisa membuat perubahan nyata jika masyarakat dapat mentaatinya. Oleh karena itulah sudah menjadi agenda bagi para mahasiswa ekologi manusia, untuk menjadikan dunia tempat yang aman dan nyaman bagi penghuninya dengan kerjasama, saling dukung untuk kepentingan bersama dalam menciptakan dunia yang lebih baik lagi. Menyeru masyarakat agar menyadari bahwa alam ini terlalu suci untuk dinodai oleh tangan-tangan manusia yang tak bertanggung jawab.

Masalah ekologi pun bisa datang dari hubungan antara manusia dengan sesama manusia lainnya dalam suatu lingkungan yang mempertemukan mereka. Di mana rumah tangga ialah suatu komponen dasar dari komunitas tersebut. Keluarga dan lingkungan bisa memberikan suatu pengaruh yang sangat kuat untuk membentuk sifat dan penentuan bagaimana manusia harus bersikap dalam menerapkan norma-norma yang ada. Di negara ini, sudah banyak masalah yang didasarkan pada lingkungan tempat hidup seseorang yang kurang baik dan faktor-faktor di dalam keluarga yang kurang mendukung karakter seseorang berkembang secara optimal. Hal itulah yang menjadi dasar bentuk rendahnya sumber daya manusia, sehingga banyak orang yang tidak mengerti tentang masalah ekologi di negara ini, atau mungkin orang-orang tersebut mengerti hanya saja malas untuk selalu bersikap benar dalam menjaga lingkungan hidupnya baik lingkungan biotik maupun abiotik, semua itu bisa berdampak buruk pula pada perkembangan ekonomi, politik, budaya di negara ini.

Selain itu, adapula masalah ekologi lainnya yang sangat popular di negara ini, yaitu kemiskinan. Kemiskinan ialah suatu bencana yang diakibatkan oleh kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas. Dari kemiskinan tersebut timbulah berbagai masalah lain yang lebih spesifik lagi yaitu busung lapar, buta huruf dan menjamurnya kegiatan-kegiatan kriminal yang dilakukan karena tuntutan hidup yang sangat mendesak, contohnya, pencurian dan perampokan, belum lagi jenis-jenis kejahatan lainnya yang melanggar norma-norma agama dan hukum. Hal inilah yang membuat kualitas dan kuantitas manusia Indonesia sangat bertolak belakang, karena seharusnya dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak, lebih banyak pula potensi dan sumber daya yang berkembang, apalagi negara Indonesia adalah Negara yang kekayaan alamnya sudah tidak diragukan lagi, sangat melimpah. Akan menguntungan di semua aspek kehidupan jika bisa dikembangkan secara optimal. Dan itulah tugas mahasiswa ekologi manusia, yang bersama-sama membangun bangsa dari hal-hal paling mendasar yang mungkin sebagian orang belum tersadar akan hal tersebut. Misalnya, dengan membuka lapangan kerja dan membagi keahlian. Kita semua harus yakin bahwa tidak ada orang yang bodoh di dunia ini. Karena sesungguhnya manusia itu pintar, dengan caranya yang berbeda, oleh karena itu perlu diciptakan sistem division of labour, di mana orang-orang diarahkan pada keahliannya masing-masing agar dapat berkembang, jika sumber daya manusia yang terlatih, terdidik itu meningkat, maka sumber daya alam pun akan dimunculkan sebagai produk dalam negeri yang berkualitas.

Intinya, bagi mahasiswa ekologi manusia, mendidik, memberi pengarahan pada manusia dalam mencintai lingkungan hidupnya sangatlah penting. Tapi jika hanya memberikan pengarahan tanpa tindakan nyata, usaha tersebut hanyalah menjadi sebuah keyakinan yang terpendam, sebagai mahasiswa ekologi manusia kita pun harus memberikan peranan nyata dalam mewujudkan keindahan ekologi. Misalnya membentuk organisasi-organisasi yang bertujuan untuk mewujudkan kelestarian ekologi demi terciptanya peradaban yang adil dan makmur, ikut menyumbangkan pemikiran dalam menciptakan suatu teknologi baru di berbagai bidang industri, ekonomi manajemen, maupun pertanian.

Dari masalah-masalah kecil yang mendasar seperti kurang baiknya pengaruh lingkungan sekitar dan keluarga pun bisa memunculkan dampak yang lebih buruk di kemudian hari, oleh karena itu, sebagai mahasiswa ekologi manusia, yang tidak akan hanya mengetahui saja, namun juga mendalami, menganalisa dan membuat solusi atas permasalahan tersebut, kami akan berusaha membenahi permasalahan-permasalah itu dari titik paling dasar. Yaitu dengan mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di setiap pendalamannya sehingga kehidupan dan lingkungan yang baik akan tercipta.

Ekologi pun membahas tentang hubungan sosial masyarakat dan kebudayaannya. Mengenai kebudayaan, Negara Indonesia memiliki berbagai kebudayaan yang sangat beraneka ragam, dari berbagai daerah kepulauan ini, kita memiliki kebudayaan yang sangat mengagumkan, namun sayangnya sudah beberapa kasus muncul tentang peng-claim-an kebudayan oleh pihak lain yang tak bertanggungjawab. Hal itu dikarenakan kurangnya perhatian manusia Indonesia dalam memelihara budaya. Oleh karena itu, perlu diserukan kepada seluruh warga negara ini agar tetap mempertahankan kebudayaan kita. Kebudayan bangsa yang sungguh kami tak rela disalahgunakan oleh pihak lain.

Siapapun yang berkomitmen sungguh-sungguh terhadap nasib peradaban manusia saat ini, haruslah memiliki perhatian terhadap krisis dan problema ekologi. Isu ekologi merupakan isu global yang semua pihak berkepentingan terhadapnya. Hal Ini adalah salah satu isu global dalam arti yang sesungguhnya, sayangnya masih banyak pihak melalaikan tugas peradaban ini. Dan inilah tugas utama mahasiswa ekologi manusia. Menjaga lingkungan hidup dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan sesama, bersama-sama menciptakan program-program pembangunan negara melalui sudut pandang ekologi dan lingkungan hidup, meningkatkan kualistas sumber daya manusia. Dengan penerapan hal itu dalam kehidupan, tidaklah mustahil permasalahan ekologi tersebut akan berkurang dan terciptalah kehidupan bumi yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada tanggapan???